Perbedaan Media Pembelajaran dan Alat Peraga
Perbedaan
Media Pembelajaran dan Alat Peraga
PENGERTIAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Definisi Media
Pembelajaran, Media berasal dari kata “Medium” yang berasal dari bahasa latin
“Medius” yang berarti “tengah” atau “sedang”. Pengertian media mengarah pada
sesuatu yang mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi
pesan) dan penerima pesan (Latuheru, 1988:9).
Menurut EACT yang
dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan
untuk proses penyaluran informasi”.Menurut McLuhan (dalam Sihkabuden, 1985:2)
media merupakan suatu sarana atau channel sebagai perantara antara pemberi
pesan kepada penerima pesan. Blacks dan Horalsen (dalam Sihkabuden, 1999:1)
juga mempunyai pendapat tentang media. Menurut mereka, media adalah saluran
komunikasi atau medium yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan suatu pesan
dimana medium itu merupakan jalan atau alat dengan suatu pesan berjalan antara
komunitor ke komunikan image.
Dengan berpedoman pada
pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa media adalah suatu alat atau
sarana atau perangkat. Dalam hal ini bisa berupa software atau hardware.
Perangkat lunak (software) berisi pesan atau informasi pendidikan yang biasanya
disajikan dengan menggunakan peralatan. Sedangkan peralatan atau perangkat
keras (hardware) sendiri merupakan sarana untuk dapat menampilkan pesan yang
terkandung.
Definisi pembelajaran
dapat diartikan sebagai upaya untuk membelajarkan pebelajar. mssembelajarkan
berarti usaha untuk membuat seseorang belajar. Dalam upaya pembelajaran terjadi
komunikasi antara pebelajar dengan guru, pembelajar atau pengajar. Proses ini
merupakan bagian proses komunikasi antar manusia (dalam hal ini adalah antara
pebelajar dan pembelajar).
Dari kedua definisi
tersebut maka dapat diartikan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu
yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima
untuk menyampaikan materi yang yang diajarkan serta sarana komunikasi dari guru
kepada siswa sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat
yang menjurus kearah terjadinya proses belajar dengan tujuan untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
Ø KLASIFIKASI
MEDIA PEMBELAJARAN
Banyak sekali jenis
media yang sudah dikenal dan digunakan dalam penyampaian informasi dan pesan –
pesan pembelajaran. Setiap jenis atau bagian dapat pula dikelompokkan sesuai
dengan karakteristik dan sifat – sifat media tersebut. Sampai saat ini belum
ada kesepakatan yang baku dalam mengelompokkan media. Jadi banyak tenaga ahli
mengelompokkan atau membuat klasifikasi media akan tergantung dari sudut mana
mereka memandang dan menilai media tersebut.
A. Klasifikasi
media pembelajaran, antara lain menurut Arif, dkk (1986), Gerlach, dkk
(1980), Raharjo (1984), dan Wittich dan Schuller (1979).
a. Media
Grafis
o
Merupakan media visul
o
Difokuskan pada indera penglihatan
o
Menyajikan symbol-simbol komunikasi
visual
o
Fungsi (umum): menyalurkan pesan
o
Fungsi (khusus) :
·
Menarik perhatian
·
Memperjelas sajian ide
·
Mengilustrasikan atau menghiasi fakta
(agar tak terabaikan atau terlupakan)
b. Media
Audio
o
Difokuskan pada indera pendengaran
o
Fungsi (umum): menyajikan pesan
o
Pesan disajikan dalam bentuk
simbol-simbol auditif, verbal ataupun non verbal.
c. Media
Proyeksi Diam
o
Merupakan media visual
o
Difokuskan pada indera penglihatan
o
Fungsi (umum): menyajikan pesan
o
Pesan disajikan dalam bentuk
simbol-simbol visual (dan auditif),atau dapat serupa bahan-bahan grafis
o
Media ini harus diproyeksikan dengan
peralatan (proyektor)
d. Media
Proyeksi Bergerak
o
Merupakan media visual (audio-visual)
o
Difokuskan pada indera penglihatan
(penglihatan-pendengaran)
o
Fungsi (umum): menyajikan pesan
o
Pesan disajikan dalam bentuk
simbol-komunikasi visual (dan audio)
o
Media ini harus diproyeksikan
e. Media
Tiga Dimensi: Benda, Model, dan Demonstrasi
f. Permainan,
Simulasi, dan Dramatisasi Informal
B. Menurut
Bretz dan Briggs (dalam Darmojo,1991:24) mengemukakan bahwa klasifikasi media
digolongkan menjadi 4 kelompok yaitu:
1) Audio
Visual
Media audio berfungsi untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke
penerima pesan. Media audio berkaitan erat dengan indra pendengaran.contoh
media yang dapat dikelompokkan dalam media audio diantaranya: radio, tape
recorder, telepon,laboratorium, bahasa dll.
2). Media Visual
Media visual yaitu
media yang mengandalkan indra penglihat. Media visual menjadi dua yaitu :
a) Media
visual diam
Contohnya: foto,
ilustrasi, flashcard, gambar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film
rangkai,OHP, hrafik, bagan, diagram, poster, peta dll.
b) Media
visual gerak
Contohnya:
gambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu dan sebagainya.
3). Media
Audio Visual
Media Audio Visual
merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Ditinjau dari
karakteristiknya media audio visual dibedakan menjadi 2 yaitu:
a). Media audio visual
diam
Contohnya: TV diam,
film rangkai bersuara, halaman bersuara dan buku bersuara.
b). Media audio visual
gerak
Contohnya: film TV, TV,
film bersuara.
4). Media Serbaneka
Media serbaneka adalah
suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah, di sekitar sekolah
atau di lokasi lain atau di masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai media
pengajaran. Contohnya: papan tulis, media tiga dimensi, realita dan sumber
belajar pada masyarakat.
C. Secara
umum klasifikasi media pembelajaran digolongkan menjadi 3 unsur pokok yaitu
suara, visual dan gerak. Dari tiga unsure pokok tersebut terbagi lagi menjadi 9
kelompok yaitu:
1) Media
Audio (Siaran Radio)
2) Media
Cetak (Modul, Buku)
3) Media
Visual Diam (OHT)
4) Media
Visual Gerak (Film Bisu )
5) Media
Audio-Visual (TV,VCD)
6) Media
Objek Fisik (Benda nyata)
7) Manusia
dan Lingkungan (Guru, Pustakawan, Laboran)
8) Komputer
9) Internet
Ø CONTOH
MEDIA PEMBELAJARAN
a. Kaset
Audio
Merupakan media auditif yang mengajarkan
topik-topik pembelajaran yang bersifat verbal seperti pengucapan (pronounciation)
bahasa asing. Untuk pengajaran bahasa asing media ini
tergolong tepat karena bila secara
langsung diberikan tanpa media, sering terjadi ketidaktepatan yang akurat dalam
pengucapan, pengulangan dan sebagainya.
b. Gambar
atau Foto
Gambar atau foto berfungsi untuk
menyampaikan pesan melalui gambar yang menyangkut indra penglihatan. Selain
itu, media ini juga bertujuan untuk menarik perhatian, memperjelas materi,
mengilustrasikan fakta atau informasi.
c. Bagan
Merupakan media yang berfungsi untuk
menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit dan digunakan untuk
memperagakan pokok-pokok isi bagian secara jelas dan sederhana.
d. Grafik
Merupakan media sederhana yang dipakai untuk
membandingkan perbedaan jumlah dari data pada saat yang berbeda-beda.
PENGERTIAN
ALAT PERAGA
Alat
peraga merupakan alat yang digunakan untuk membntu proses belajar mengajar yang
berperan sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru.
Penggunaan alat peraga bertujuan untuk memberikan wujud riil terhadap bahan
yang dibicarakan dalam materi pembelajaran. Alat peraga yang digunakan dalam
proses be;lajar mengajar dalam garis besarnya memiliki faedah menambahkan
kegiatan belajar siswa, menghemat waktu belajar, memberikan alasan yang wajar
untuk belajar karena membangkitkan minat perhatian dan aktivitas siswa.
Menurut
Nasution (1985: 100) “alat peraga adalah alat pembantu dalam mengajar agar
efektif”. Pendapat lain dari pengertian alat peraga atau Audio-Visual Aids
(AVA) adalah media yang pengajarannya berhubungan dengan indera pendengaran
(Suhardi, 1978: 11). Sejalan dengan itu Sumadi (1972: 4) mengemukakan bahwa
alat peraga atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat
diamati melalui panca indera.
Secara
umum alat peraga adalah saluran komunikasi atau perantara yang digunakan untuk
membawa atau menyampaikan suatu pesan guna mencapai tujuan pengajaran . Alat
peraga merupakan alat bantu atau penunjang yang digunakan oleh guru untuk
menunjang proses belajar mengajar.
Ø CONTOH
ALAT PERAGA
Pada
garis besarnya, hanya ada 2 macam alat bantu pendidikan (alat peraga) yaitu:
1. Alat
Bantu Lihat (Visual Aids)
Alat ini berguna didalam membantu
menstimulasi indera mata (penglihatan) pada waktu terjadinya proses pendidikan.
Alat ini ada 2 bentuk :
a) Alat
yang diproyeksikan, misalnya slide, film, film strip, dan sebagainya.
b) Alat-alat
yang tidak diproyeksikan :
o
2 dimensi, gambar, peta, bagan, dan
sebagainya.
o
3 dimensi misal bola dunia, boneka, dan
sebagainya.
2. Alat-Alat
Bantu Dengar (Audio Aids)
Ialah alat yang dapat membantu
menstimulasi indera pendengar pada waktu proses penyampaian bahan pendidikan /
pengajaran. Misalnya piringan hitam, radio, pita suara, dan sebagainya.
a. Alat
Bantu Lihat-Dengar
Seperti televisi dan video cassette.
Alat-alat bantu pendidikan ini lebih dikenal dengan Audio Visual Aids (AVA).
Disamping pembagian tersebut, alat
peraga juga dapat dibedakan menjadi 2 macam menurut pembuatannya dan
penggunaannya yaitu:
1) Alat
peraga yang complicated (rumit), seperti film, film strip slide dan sebagainya,yang
memerlukan listrik dan proyektor
2) Alat
peraga yang sederhana, yang mudah dibuat sendiri dengan bahan-bahan setempat
yang mudah diperoleh, seperti bambu, karton, kaleng bekas, kertas koran, dan
sebagainya. Beberapa contoh alat peraga yang sederhana yang dapat dipergunakan
di berbagai tempat, misalnya :
o
Di rumah tangga seperti leaflet, model
buku bergambar, benda-benda yang nyata seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan
sebagainya.
o
Di kantor-kantor dan
sekolah-sekolah, seperti papan tulis, flipchart, poster, leaflet, buku cerita
bergambar, kotak gambar gulung, boneka dan sebagainya.
o
Di masyarakat umum, misalnya poster,
spanduk, leaflet, fanel graph, boneka wayang, dan sebagainya.
SUMBER
REFERENSI
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media
Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Murdanu. 2004. Hand-out Pengembengan Media PembelajaranMatematika. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Hand-out%20PengmbMediaPbljrMat.doc.
Mahanani, A Fauzan. 2012. Pengertian Media
Pembelajaran.http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/pengertian-media-pembelajaran.html
. 30 April 2012
Ian. 2010. Perbedaan Media dan Alat
Peraga.http://ian43.wordpress.com/2010/11/03/perbedaan-media-dan-alat-peraga/#more-754.
3 November 2010 .
Safihu, La Ode .Pentingnya pemanfaatan Media dalam
Pembelajaran.http://images.lpmpmaluku1.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/Sfk0mwoKCB4AABbSlsU1/PERAN%20MEDIA%20DALAM%20PEMBELAJARAN.doc?key=lpmpmaluku1:journal:4&nmid=237381129.
Sukses, Penulis. 2012. Fungsi Alat Peraga dalam
Pendidikan.http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2256721-fungsi-alat-peraga-dalam-pendidikan/.
31 Januari 2012.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Mengenai Saya
Total Tayangan Halaman
Terbaru
Code of Ethics BK
CODE OF ETHICS BK Code of ethics is a pattern of rules / rules / ordinances that serve as guidelines to live the duties an...
0 komentar:
Posting Komentar